INILAH KONDISI RUMAH YANG DIBERKAHI ALLAH

Rumah merupakan kebutuhan seseorang atau keluarga untuk menata kehidupannya. Rumah pun menjadi tempat melepas penat dan lelah setelah seharian beraktivitas. Selain bisa melindungi fisik dari panas dan dinginnya cuaca, rumah pun juga bisa menjadi tempat yang nyaman, tentram, dan damai untuk beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah Swt.

Namun, ada juga yang kondisi rumahnya “panas” bak di dalam “neraka”. Pertengkaran antara suami dan istri atau pertengkaran dengan anak menjadi pemandangan setiap hari. Membuat kondisi rumah tak nyaman. Dan rasanya membuat hati tak betah berlama-lama di dalamnya.

Sejatinya, rumah yang ideal itu adalah rumah yang di dalamnya ada marhamah, muthma’innah, dan mubarakah. Artinya, di dalam rumah itu penuh dengan kasih sayang, kedamaian, dan mendapat keberkahan dari Allah Swt.

Baca Juga: Cara Menjadi Kaya dengan Halal dan Berkah

Rumah yang besar dan mewah tak menjadi jaminan di dalamnya bisa ada kasih sayang, kedamaian, dan keberkahan. Intinya, tiga kondisi ideal tersebut (marhamah, muthma’innah, dan mubarakah) bisa hadir di dalam rumah yang di dalamnya penuh dengan amal-amal surgawi. Yakni, di dalam rumah itu penuh dengan aktivitas ketaatan dan keimanan kepada Allah Swt.

Rumah yang Diberkahi Allah

Menyoal rumah yang mendapat keberkahan dari Allah Swt. ini kerap menjadi pertanyaan bersama. Sebenarnya, rumah yang penuh berkah itu seperti apa? Untuk menjawab pertanyaan itu, ada baiknya membaca tulisan ini sampai tuntas.

Merangkum dari buku Agar Hidup Selalu Berkah karya Hbaib Syarief Muhammad Alaydrus, ada kriteria rumah yang mendapat keberkahan dari Allah Swt., yaitu:

1. Rumah yang mengukuhkan keimanan keluarga

Rumah yang mendapat keberkahan dari Allah Swt. di dalamnya penuh dengan aktivitas surgawi. Yakni, aktivitas yang bisa membuat penghuninya semakin bertambah keimanannya kepada Allah Swt.

Salat berjemaah, mengaji Al-Qur’an, mengkaji ilmu-ilmu agama, hingga ibadah-ibadah lainnya yang bisa dikerjakan seluruh anggota keluarga merupakan hal-hal yang bisa mengukuhkan keimanan keluarga dan mampu mengundang keberkahan dari Allah Swt.

2. Rumah yang membina generasi ahli salat

Selanjutnya, kondisi rumah yang akan mendapat keberkahan dari Allah Swt. adalah yang penghuninya adalah para ahli salat. Bila panggilan azan telah berkumandang, maka seluruh anggota keluarga langsung gesit menyeru panggilan salat tersebut. Salat berjemaah baik salat wajib atau sunah (tahajud) menjadi kebiasaan setiap hari.

Baca Juga: Doa-Doa untuk Meraih Keberkahan Hidup 

Dengan salat berjemaah, maka akan terjalin kebersamaan, saling menghormati, hingga kerukunan antar anggota keluarga yang dengannya bisa menimbulkan ketentraman, kedamaian, dan kebahagiaan di dalam rumah itu.

3. Rumah yang diisi dengan majelis zikir

Rumah yang akan mendapat keberkahan dari Allah Swt. ialah rumah yang di dalamnya diisi dengan aktivitas zikir. “Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya pada waktu pagi dan petang.” (Q.S. Al-Ahzab: 41-42).

Apabila seluruh anggota keluarga mengadakan majelis zikir di dalam rumah (misalnya dengan berzikir pagi dan petang bersama/ setelah salat subuh dan magrib berjemaah) atau mengkaji ilmu-ilmu yang membuat semakin mengingat Allah Swt., maka malaikat akan turun menaungi orang-orang dalam majelis zikir tersebut.

“Sesungguhnya Allah mempunyai beberapa malaikat yang mencari orang-orang yang berzikir. Jika mereka menemukan kaum yang sedang membaca zikir kepada Allah, maka mereka saling memanggil, ‘Ambilah segala kebutuhanmu,’ maka para malaikat mengelilingi mereka dengan sayapnya sampai ke langit dunia.” (H.R. Bukhari dan Muslim).