Upaya Penanggulangan Bencana Kebakaran, Relawan RZ Turut Bangun 12 Sumur Bor untuk Suplai Air

Palangkaraya- Menyikapi kabut asap yang belum kunjung usai, Relawan RZ terjunkan tim ekspedisi menembus asap di Palangkaraya, Jumat (16/10).

Sebanyak 5 orang relawan diturunkan untuk melaksanakan beberapa aktivitas diantaranya pemadaman api bersama relawan yang telah turun sejak pekan lalu. Pemadaman difokuskan di titik api sekitar jalan lintas Banjarmasin-Palangkaraya. Kegiatan pemadaman dimulai sejak pukul 07.00 WIb hingga pukul 11.00 wib, Jumat (16/10).

Selain sebar masker, oksigen, vitamin dan membantu pemadaman serta penyediaan posko kesehatan, untuk jangka panjang kita juga dapat membanti membuatkan sumur bor di kawasan hutan yang dekat dengan pemukiman warga.

“Ini adalah salah satu rekomendasi dari warga untuk antisipasi kebakaran lahan yang selama ini terjadi setiap tahun. Dengan adanya sumur bor yang dekat hutan, jika terjadi kembali kebakaran hutan, maka lebih mudah mendapatkan air untuk pemadaman api sehingga dampak asap pekat seperti sekarang bisa diminimalisir,” tutur Dika, Relawan RZ.

Saat ini, di kawasan itu baru ada 9 titik sumur bor dan ini belum bisa menjangkau seluruh lahan yang terbakar di Tumbang Nusa, Pulang Pisau.

Sebagai follow up dari pembicaraan bersama warga, tim Relawan RZ dibantu warga sekitar akan membangun 12 sumur bor di kawasan sekitar hutan. “Kami berharap sekali sumur bor ini akhirnya digunakan untuk keperluan warga, bukan untuk pemadaman api. Karena kami berharap tidak ada lagi pembakaran lahan kedepannya.” Pungkas Dika dengan penuh harap.***

Newsroom by Surianto

Related posts:

wheels happy
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Solve : *
29 ⁄ 1 =