Sinabung Kembali erupsi, Relawan RZ Medan Turun Bagikan 4000 Masker

MEDAN. Pada hari Selasa (15/09) kemarin, Gunung Sinabung kembali mengalami erupsi sebanyak tiga kali. Pertama kali, pada pukul 05.25 WIB, terjadi guguran awan panas mencapai 3.000 meter ke sektor Timur-Tenggara, tinggi kolom abu erupsi 2.500 meter. Arah angin sedang ke Timur.

Erupsi kedua terjadi pukul 05.36 WIB, terjadi guguran awan panas sejauh 3.000 meter ke sektor Timur-Tenggara, tinggi kolom abu erupsi 2.000 meter. Kemudian pukul 08.20 WIB, terjadi guguran awan panas sejauh 4.000 meter ke Timur-Tenggara, tinggi kolom abu vulkanik 3.000 meter. Ini merupakan erupsi terbesar dalam seminggu terakhir.

Akibat erupsi, hujan abu cukup tebal menyelimuti Brastagi, Kabanjahe dan sekitarnya. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, status AWAS (level IV), tremor menerus, aktivitas tinggi dan potensi erupsi susulan masih tinggi. Radius yang dikosongkan adalah 7 km disisi selatan-tenggara dan 6 km di timur.

Sebagai langkah untuk mengurangi dampak buruk bagi kesehatan karena terhirup abu vulkanik, Kemarin (15/09) Relawan RZ Medan bergerak cepat berbagi masker untuk warga. Sebanyak 4000 ribu masker disebar di empat titik, yakni di desa Rumah Kabanjahe, desa lingga, desa lingga julu, desa perteguhen, desa ndokum siroga, desa surbakti, posko Gudang jeruk dan lokasi lainnya.

Hingga saat ini, sebanyak 2.574 KK (9.313 Jiwa) mengungsi di sembilan titik pengungsian.***

Newsroom/Surianto

Related posts:

wheels happy
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Solve : *
21 + 6 =