Relawan RZ Turut Sukseskan Ekspedisi Nusantara Jaya 2015

PADANG. Relawan RZ Padang saat ini tengah mengikuti Ekpedisi Nusantara Jaya 2015 di pulau Mentawai (Siberut Selatan) yang diselenggarakan oleh Kemenko Maritim Republik Indonesia yang dimulai sejak tanggal 15 hingga tanggal 28 September 2015 mendatang.

Dalam ekspedisi kali ini, Kemenko Maritim melibatkan sebanyak 86 kapal perintis dan 1 Kapal Induk yakni KRI banda Aceh untuk mengarungi 540 pelabuhan di 22 provinsi, total pelayaran sebanyak 234.000 km dengan lebih dari 6000 peserta.

Melalui Ekspedisi Nusantara Jaya 2015 ini, Kemenko Maritim berharap dapat meningkatkan konektivitas di pulau-pulau terdepan, terpencil dan wilayah perbatasan, melalui peningkatan akses terhadap kebutuhan bahan pokok sehari-hari, fasilitas kesehatan, fasilitas pendidikan, sarana dan prasarana, serta percepatan pembangunan di wilayah pulau-pulau dan perbatasan.

“Kedatangan tim ekspedisi dari relawan sangat baik sekali para warga. Adapun kegiatan yang diselenggrakan oleh relawan ialah penyuluhan bahaya free sex, penyuluhan bahaya penyalahgunaan narkoba, penyuluhan cinta bahasa Indonesia,” tutur Pelangi Febrian, Relawan RZ Padang. (17/09).

Selain itu, para relawan RZ dan peserta lainnya juga melakukan penyuluhan tentang wawasan kebangsaan, sosialisasi lingkungan, english club, PBB paskibra, seni origami, serta membicarakan beberapa kegiatan yang bersifat lanjutan di antaranya pelestarian Penyu di kepeluanaan mentawai yang akan berkoordinasi dengan pihak TNS (Taman Nasional Siberut).

“Selain kegiatan-kegiatan tersebut, Kami juga membawa beragam bantuan diantaranya adalah alat tulis dan perlengkapan mandi untuk diberikan kepada warga masyarakat di sudut terluar Indonesia,” pungkas Febrian.***

Newsroom/

wheels happy
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *