Relawan RZ Padang Antisipasi Bahaya Kabut Asap

PADANG. Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah menyatakan kabut asap yang menyelimuti daerah itu sudah berada pada tingkat yang mengkhawatirkan.

“Kita sudah menurunkan tim untuk mengukur kualitas udara di Kota Padang dan mendapatkan hasil terbaru, yaitu 209,36 g/nm3,” kata Mahyeldi didampingi Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan (Bapedalda) Padang Edi Hasymi di Padang, Sumatera Barat, Kamis.

Ia menjelaskan, hasil tersebut jauh meningkat dari hasil uji kualitas udara sebelumnya yang hanya 81,73 g/nm3. Hal tersebut sangat mengkhawatirkan, karena batas baku mutu (normal) adalah 150 g/nm3.

Untuk itu, masyarakat diimbau untuk mengurangi kegiatan di luar rumah dan memakai masker saat keluar rumah, karena kabut asap dapat mengganggu pernafasan.

Menyadari kondisi tersebut, Relawan RZ Padang melaksanakan aksi antisipasi bahaya kabut asap dengan membagikan 1.000 buah masker kepada warga kota Payakumbuh dan Kabupaten 50 kota pada hari kamis (10/09) lalu..

“Masker kami bagikan dibeberapa titik, diantaranya di depan posko Bpbd Kota Payakumbuh yg berada di jalan utama pusat kota serta di Tanjung Pati Kab. 50 Kota. Masker dibagikan kepada para pengendara motor maupun mobil, tukang parkir, pejalan kaki dan penjaga toko,” tutur Fauzan Sauri, selaku kordinator relawan RZ Padang.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Eka Lusty mengungkapkan hingga saat ini belum ada laporan mengenai warga yang terkena dampak dari kabut asap.

“Dinas Kesehatan telah menugaskan kepada puskesmas-puskesmas untuk memberikan penyuluhan kepada warga,” paparnya.

Eka memaparkan, untuk sekarang belum ada dampaknya, akan tetapi jika udara tercemar dalam jangka waktu yang lama, maka dampaknya adalah iritasi mata, gangguan saluran pernafasan dan sakit paru-paru.

“Kami akan terus pantau perkembangannya, terutama terhadap anak SD atau di bawah umur, karena usia tersebut rentan terhadap penyakit,” tambahnya.***

Newsroom/Surianto

Related posts:

wheels happy
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Solve : *
15 × 29 =