Relawan RZ Medan Gelar Program Pelajar Siaga Bencana

Medan- Salah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Relawan RZ Medan setiap pekan ialah menggelar program Pelajar Siaga Bencana (PSB) yang dilaksanakan di Madrasah Aliyah Laboratorium UIN SU jalan Sutomo No.1 Kec.Medan Timur, Medan Sumatera Utara setiap hari Sabtu mulai dari pukul 14.30 s/d 17.00 WIB.

“Pertemuan perdana kemaren (Sabtu, 10/10) membahas mengenai pengenalan dan tugas BPBD, Jenis-jenis bencana dan cara penanggulangannya yang langsung disampaikan oleh Pak Zuhri dan Pak Ahmad Hamid dari BPBD. Alhamdulillah kita sudah melakukan kerjasama dengan BPBD Sumatera Utara untuk program PSB ini dan program PSB dijadikan salah satu kegiatan ekstrakurikuler bagi siswa” Ujar Sugi, Koordinator Relawan RZ Medan.

PSB merupakan salah satu bentuk usaha yang dilakukan oleh Relawan RZ untuk mempersiapkan para pelajar agar siap dalam mengantisipasi ancaman bencana dan meminimalkan korban jiwa, korban luka, maupun kerusakan infrastruktur. Mulai dari dalam diri sendiri, keluarga dan masyarakat. Membantu korban terdampak bencana dan pemulihan pasca bencana.

Secara geografis, Indonesia yang merupakan negara kepulauan berada dekat dengan lempeng-lempeng yang aktif dan saling berhubungan satu sama lain serta banyak terdapat gunung-gunung  aktif yang suatu saat dapat meletus kapan saja. Hal ini menujukan bahwa Indonesia merupakan sebuah negara yang rawan akan bencana, baik bencana gempa bumi, gunung meletus, tsunami, banjir dan lain sebagainya.

“Respon yg luar biasa dan antusias para pelajar MAL UIN SU membuat kami, Pihak sekolah dan BPBD Sumut yakin bahwa kegiatan ini akan terus berjalan dan dapat diterapkan di lingkungan Masyarakat. Dibuktikan dengan banyaknya siswa yang hadir, sekitar 70 Orang dan antusias mereka dalam mengikuti kegiatan tersebut” Tambah Sugi. ***

Newsroom by Surianto

wheels happy
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *