Hijaukan Indonesia, Relawan RZ Tanam 6276 Pohon di 23 Kota

Perubahan lingkungan, sudah secara nyata dan mudah dirasakan sekarang ini. Udara di sekitar dirasakan lebih panas dari biasanya, udara telah mengalami pengotoran atau pencemaran.
Peningkatan suhu bumi, bukan hanya pembahasan dalam tulisan-tulisan ilmiah atau dalam international summit saja, tetapi secara nyata dirasakan oleh masyarakat awam. Kekeringan, kebakaran hutan dan lahan terjadi dimana-mana menyebabkan warga kesulitan mendapatkan air bersih dan kualitas udara menjadi sangat buruk.
Disaat musim penghujan tiba, yang semula musibah kekeringan, kebakaran hutan dan lahan terjadi dimana-mana kini berubah menjadi musibah banjir dan longsor dimana-mana.
Tidak diragukan lagi bahwa pemanasan global dan musibah banjir harus ditanggulangi. Tidak ada kata terlambat untuk memulainya, setiap individu punya andil untuk berpartisipasi. Caranya adalah dengan menanam pohon: di kawasan hutan, di lahan-lahan kritis, di pekarangan rumah, di kantor-kantor, di kampus-kampus, di sekolah-sekolah, di pabrik-pabrik di kota dan di desa. Selain itu, pohon-pohon yang sudah ada harus dijaga kelestariannya. Terhitung tanggal 14 November hingga 6 Desember 2015, Relawan RZ melakukan penaman sebanyak 6276 bibit pohon di 23 se Indonesia.
“Penanaman pohon sebagai wujud kepedulian kita dalam menjaga kelestarian lingkungan, menyiapkan masa depan untuk generasi mendatang” Ujar Herlan, Koordinator Relawan Pusat.
Herlan menambahkan bahwa bibit yang ditanam ada bibit Mangrove, Mahoni, Trmembsi dan berbagai bibit pohon produktif lainnya seperti Mangga, Matoa, Nanggka, sukun dan lain sebagainya”
Manfaat tumbuhan tidak hanya sebagai sumber penghasil makanan untuk kita makan, kayu untuk bahan bangunan, dan Cita rasa keindahan alam dan kesejukkan sehingga menjadi kawasan wisata. Masih banyak manfaat lain yang sangat penting yang tidak begitu popular di mata masyarakat, yaitu manfaat tumbuhan/tanaman dalam mengurangi zat pencemar udara dan penghasil oksigen melalui proses fotosintesis atau sering disebut sebagai manfaat ekologis. Selain itu tanpa kita sadari tumbuhan juga berperan besar dalam pengendalian banjir dan longsor. Tumbuhan mampu menyerap dan menyimpan cadangan air dengan baik. Akar tumbuhan mampu mengikat dan memperkuat struktur tanah sehingga tanah menjadi kuat tidak mudah longsor***

Newsroom by: Surianto

Related posts:

wheels happy
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Solve : *
30 ⁄ 3 =