BORONG & BERBAGI: ES CINCAU PAK ACENG

SUKABUMI (19/09) Relawan Rumah Zakat Sukabumi kembali melaksanakan program BnB (Borong dan Berbagi) dengan penerima manfaat borong kali ini adalah Pak Aceng, seorang penjual es cincau.

Pak Aceng (95 thn) adalah seorang penjual es cincau. Sudah puluhan tahun beliau berjualan es cincau. Dengan menggunakan roda, Pak Aceng berkeliling menjual es cincau dengan harga dua ribu hingga tiga ribu rupiah per gelas. Pak Aceng biasa berjualan dari pukul sebelas siang hingga sore hari.

Keuntungan dari menjual es cincau perhari sekitar enam puluh hingga tujuh puluh ribu rupiah (jika habis terjual), atau sepuluh hingga lima belas ribu rupiah (jika tidak banyak pembeli). Ketika dagangannya tidak habis, biasanya sisa dagangan Pak Aceng bagikan kepada tetangga karena cincau akan menjadi air jika dibiarkan terlalu lama dan terbuang mubazir.
Saat ini Pak Aceng tinggal bersama anak perempuannya di kp. Cijarian, Cipetir Kab. Sukabumi setelah pindah beberapa pekan lalu dari kontrakan karena akan dijual oleh pemiliknya.

“Terima Kasih, sangat bapak terima. Alhamdulillah mendapat rejeki yang halal dan besar. Bapak terima dunia akhirat. Terimakasih kepada Rumah Zakat dan para donatur yang telah memborong dagangan bapak”, sambungnya seraya melantunkan doa bagi para relawan dan para donatur.

Relawan membantu membungkus es cincau yang akan dibagikan, sembari berbincang dengan pak aceng. Adapun hasil borongan dibagikan kepada petani yang baru pulang dari ladang, buruh angkut besi, ojeg, dan lainnya.

“Alhamdulillah, hatur nuhun neng semoga berkah dimakannya. Nanti saya makan ketika istirahat” ucap salah seorang penerima manfaat setelah menerima es cincau.

 

Related posts:

wheels happy
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Solve : *
14 ⁄ 2 =