RONA NUSANTARA ANGKATAN 9: SHARING DI DESA TEMPURAN, TRAVELING MENIKMATI INDAHNYA BROMO

Program Rona Nusantara yang diinisiasi Rumah Zakat berkolaborasi dengan Wonderful Indonesia mengunjungi desa terpencil di kabupaten Pasuruan, tepatnya di desa Tempuran, kec Pasrepan kab. Pasuruan, Jawa Timur.

Mayoritas penduduk di Desa Tempuran bekerja sebagai petani dan peternak sapi perah. Durian dan Nangka adalah komoditi unggulan yang banyak dibudidayakan petani selain padi,sengon, dan pisang.

Meski sumber daya alam melimpah, tapi desa ini masih memerlukan perhatian terutama dalam bidang ekonomi pendidikan dan lingkungan dibuktikan dengan sekitar 200 KK tidak mempunyai tempat yang layak huni, selain itu perilaku hidup sehat sangat kurang diperhatikan oleh warga sekitar dengan masih banyaknya warga yg membuang sampah sembarangan serta belum terpilihnya sampah organik dan anorganik juga dikarenakan rendahnya pendidikan dan kesadaran yang rata” mengenyam pendidikan sampai SMP saja inilah yang menjadi salah satu alasan memilih Desa Tempuran sebagai lokasi RONUS 9 kali ini.

Hari pertama (27/01), para peserta Rona Nusantara melakukan bakti pendidikan di SDN Tempuran 1 729. Sekitar 181 siswa mengikuti kelas kreativitas sains dan outbond Nusantara dengan melakukan eksperimen berupa membuat ice cream dengan cara ilmiah yaitu menurunkan titik beku es batu yang dicampur dengan garam, diputar sehingga menjadi adonan eskrim yang tak kalah dengan eskrim dipasaran terlihat anak-anak sangat menikmati bahkan ada yang tidak segan-segan untuk nambah lagi. Setelah pembuatan es krim para peserta ronus dan siswa berkumpul di halaman sekolah untuk melakukan outbond Nusantara terlihat antusias siswa mengikuti kegiatan outbond ini.
Tujuan dari outbond sendiri untuk mengenal kembali permainan tradisional yang akhir-akhir ini banyak ditinggal kan anak-anak.

Setelah bersenang-senang dengan para siswa peserta beristirahat sejenak dengan menyantap makanan khas desa tempuran yang sangat menggoda lidah. Kegiatan dilanjutkan dengan Bakti sosial berupa Siaga Sehat serta penyuluhan pengolahan sampah oleh para Perona. Berbarengan dengan itu para peserta perona juga membuat mural dinding yang berisikan gambar pemandangan desa dan kearifan lokal sehingga susana dibalai desa sanagt ramai dan banyak sekali warga yg datang menyaksikan karya temen” perona.

Selanjutnya para Perona dimanjakan dengan pesta buah Durian yang merupakan salah satu sumber penghasilan warga desa Tempuran.

Hari pertama ditutup dengan acara Nonton Film Bersama, dengan tema Pentingnya Menghemat Energi dan bagi-bagi hadiah bagi yang bisa menjawab pertanyakan seputar film, anak-anak terlihat begitu bersemangat dan bahagia, “saya sangat senang, tadi pagi buat es cream, main-main, sekarang nonton film dan dapat hadiah, senang sekali” ucap maulana bocah kelas 3 SD yang bersemangat angkat tangan untuk menyampaikan kesan dan pesannya.

Dihari kedua (28/01) pukul 01.00 AM, para peserta Rona Nusantara berangat menuju Wisata Gunung Bromo Tengger untuk menyaksikan matahari terbit, dilanjutkan ke Bukit Teletubies, Pasir Berbisik dan Savana. Para peserta terlihat begitu terpesona akan keindahan Gunung Bromo, mereka tak henti-hentinya mendokumentasikan setiap spot yang Allah SWT sajikan begitu indahnya.

Travelling di Gunung Bromo serta kegiatan Rona Nusantara diakhiri dengan wisata Penanaman Edelwis (Bunga Abadi) di desa Tengger.

“Saya senang mengikuti Rona Nusantara #9 yang ada di Pasuruan ini karena saya bisa bertemu dengan teman-teman baru dari seluruh Indonesia. Disini saya bersama bunda dan kakak saya sangat bahagia karena dapat belajar, berbagi dan treveling bersama teman-teman Rona Nusantara”, ungkap Faras (10 tahun) salah satu peserta termuda Rona Nusantara 9 yang berasal dari Bekasi.

Related posts:

wheels happy
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Solve : *
30 − 8 =